Indiati Iskak, Mieke Wijaya & Chitra Dewi in Tiga Dara (1956)


Film komedi musikal yang di sutradarai Umar Ismail pada tahun 1956 ini merupakan karya klasik terlaris pada zaman nya. Dibintangi oleh Chitra Dwi, Mieke Wijaya dan Indiati Iskak film ini meraih Tata Musik Terbaik di Festival Film Indonesia pada tahun 1960. Film yang menceritakan tiga saudari yang dibesarkan oleh nenek nya dengan sosok seorang ayah yang sibuk. Drama cinta yang menjadi pemanis pada film ini, memberi gambaran tentang kehidupan anak muda pada tahun 1950-an.


 

Ashanty, Tara Basro & Tatyana Akman in Ini Kisah Tiga Dara (2016)

Tiga dara diakui sebagai film yang cukup sukses dan sering disiarkan di televise. Sebuah retrospektif di majalah Tempo pada tahun 1989 menyatakan bahwa film ini masih menampilkan pesona kejujuran dan kenyataan umum. Begitu juga dalam sebuah buku memorial 1991, Rosihan Answar – sejarahwan dan sastrawan Indonesia menyatakan bahwa tema yang di gunakan dalam film Tiga Dara masih sejalan dengan keadaan tanah air kita, Indonesia.



 

Salah satu cuplikan dalam film Ini Kisah Tiga Dara Titiek Puspa yang berperan sebagai nenek dari ketiga dara.


Tahun ini, Nia Dinata berhasil me-remake film klasik ini dengan judul Ini Kisah Tiga Dara”. Film yang akan di bintangi Shanty, Tara Basro dan Tatyana Akman akan tayang pada bulan September 2016. Ketiga dara yang menonjolkan karakter yang berbeda ini sedang menjalan kan bisnis hotel miliki keluarga yang terletak di Maumere, Nusa Tenggara Timur. Hingga suatu ketika, sang nenek yang di peran kan oleh aktris senior Indonesia, Titiek Puspa datang menjenguk. Sang nenek datang untuk mempertanyakan mimpi dan ambisi mereka serta ikut urun rembung soal jodoh ketiga dara manis ini. Pada dasarnya, tema film ini akan sama seperti aslinya namun akan disesuaikan dengan konteks kehidupan masa kini.







Trailer Ini Kisah Tiga Dara, yang akan tayang pada November 2016.




Sepenggal trailer film Tiga Dara pada tahun 1956.


Ashanty Memperkenalkan, Tatyana Akman Tara Basro